Selasa, 05 April 2011

misteri lagu bangbung hideung

Indonesia, merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. Keunikannya tersirat dari setiap adat istiadatnya.

Keunikannya tk jarang ada yang menyisakan daya magis dari kebudayaan itu sendiri. Misalnya tari ronggeng, kuda lumping, tari kecak, dll.

Ceritanya tentang ronggeng, yaitu satu kesenian yang berasal dari Jawa Barat ini, menyimpan satu misteri yang susah dijangkau oleh akal pikiran kita.

Konon, hanya dengan memperdengarkan lagu Bangbung Hideung, maka sang makhluk halus akan datang dan ikut menari bersama orang yang memanggilnya. Tentu saja ayng memanggil makhluk gaib yang aku tak tahu jenisnya ini bersama-sama akan menari rongeng, dengan menggunakan topeng penutup wajah yang seram, dengan seringai senyum yang mengerikan.

Sang makhluk gaib itu akan menari dan menari dengan tangan yang menggapai-gapai, menyerupai wajah dan sosok dari sang penari ( baca : manusia ), yang pada endingnya akan memotong jari-jari tangannya dengan bengis, dan meninggalkannya begitu saja dengan darah yang bercecer di lantai.

Sementara sang penari, diam berendam pada semacam sebuah bah berwana keemasan dengan bertabur kembang tujuh rupa. Wangi yang menyeruak, mengiringi prosesi magis itu. Sementara, bebrapa nayaga dengan wajahnya yang pucat pasi, mengiringi prosesi magis itu dengan wajah yang sangat dingin, mengiringinya dengan tabuhan kendang dan gamelan. Pastinya, mereka juga berasal dari alam gaib.

Begitulah, prosesi yang membuat mantan penari ronggeng ini menjadi senantiasa cantik dan seksi, sehingga bisa membuat banyak pria tertarik padanya. Itulah cara dia mengenang saat-saat dia menjadi penari ronggeng yang diidolakan banyak pria. Dia tak akan pernah menolak bayaran dari para pria yang melihatnya menari. Dia, tetap melakukan ritual itu semata-mata demi kebutuhan fisiknya, dengan cara bersekutu dengan iblis.


Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Kehidupan ini terlalu banyak dimensinya untuk diselami. Tetapi satu yang pasti, dunia gaib memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Mereka senantiasa ingin dihargai dan dihormati keberadaannya, tetapi tidak untuk dipuja dan didewakan, bahkan mengajaknya bersekutu. Cukup untuk menyadari keberadaan mereka sebagai makhluk Tuhan juga, itu sudah bagus. Hanya cukup tahu saja.

Di atas semuanya, alangkah bijaknya kita, jika kita lebih mengerti dengan pasti, bahwa kitalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan mulila yang DIA ciptakan. Maka, kita dapat selalu memberdayakan segala sesuatu menurut kodratnya, tanpa menyentuh dasar-dasarnya.


* Bangbung Hideung dan aku

Bangbung hideung artinya bangbung hitam. Bangbung adalah sejenis serangga yang biasanya ada di sekitar pohon kelapa. Bangbung dalam Bahasa Indonesia adalah Kumbang. Jadi bangbung hideung artinya kumbang hitam. Sesuatu yang aneh terjadi juga padaku, setelah beberapa kali mendengarkan lagu tersebut. Secara kebetulan, bangbung itu ada di rumah, hinggap di antara gantungan sabun cuci yang biasa dipakai, yang kemudian aku ambil gambarnya, karena sebelumnya juga, aku ga tahu rupa dari jenis serangga yang satu ini.

Pernah kejadian pula saat aku tidur, sebelumnya aku denger lagu-lagu yang dipasang di MP3 player di ponselku, dan kemudian aku tertidur. Di dalam mimpiku, seolah-olah aku sedang mendengarkan lagu itu di bagian rancak-nya (di bagian tengah lagu itu). Tapi pas terbangun, memang lagu itu yang terputar, karena player aku set random, tetapi baru bagian awalnya yang baru terdengar. Kejadian ini aku alami sebanyak dua kali. Pertanda apakah ini? Apakah itu pertanda bahwa kehadirannya memang hanya lewat sebuah lagu yang menyimpan misteri itu? Entahlah...


note: inspirasi kisah ini diambil dari Nightmare Side - Ardan FM.


Bandungku, engkau jugalah misteriku yang terindah... wah...mau upload fotonya, tapi blom ketemu...kayanya dia ga mo eksis deh hihih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar